Recent Posts

Peran Public Relations Dalam Organisasi

26 Juli 2018

Sebetulnya memformulasikan apa peran Public Relations (PR) dalam organisasi bukanlah hal yang mudah. Beberapa penulis mencoba memetakan bahwa pada dasarnya peran PR dalam sebuah organisasi adalah sebagai berikut:

  1. Communication Tehnician, beberapa praktisi memasuki dunia PR ini sebagai teknisi komunikasi. Pada tahap ini kemampuan jurnalistik dan komunikasi sangat diperlukan. PR diarahkan untuk berperan menulis berbagai media informasi, seperti news letter, in house journal , news release, feature, dll.
  2. Expert Prescriber, praktisi PR sebagai pendefinisi problem, pengembang program dan memiliki tanggungjawab penuh untuk mengimplementasikannya. Mereka sebagai pihak yang pasif. Manajer yang lainnya menyerahkan tugas komunikasi sepenuhnya ke tangan si "komunikator" ini sehingga mereka dapat mengerjakan pekerjaan mereka yang lainnya.


  3. Baca juga: Definisi Public Relations Menurut Para Ahli

  4. Communication Facilitator, PR sebagai pendengar setia dan broker informasi. Mereka sebagai penghubung, interpreter dan mediator antara organisasi dan publiknya. Mereka mengelola two-way communication nya dengan cara membuka rintangan komunikasi yang ada/yang terjadi. Tujuannya dalam hal ini adalah untuk menyediakan kebutuhan dua belah pihak akan informasi, membuat kesepakatan yang melibatkan minat keduabelah pihak. Para pelaku dengan peran ini menempatkan dirinya sebagai sumber informasi dan sebagai kontak antara organisasi dan publiknya.
  5. Problem Solving Facilitator,  mereka berkolaborasi dengan manajer lain untuk mendefinisikan dan memecahkan masalah. Mereka menjadi bagian dalam manajemen strategi perusahaan. Bergabung dengan konsultan mulai dari awal direncanakan Program hingga evaluasinya. PR berfungsi sebagai bagian penting penganalisis situasi, memiliki peran yang intens dalam pengembangan prosedur, kebijakan, produk dan aksi perusahaan.

Dari semua peran tersebut,  intinya PR sebagai “jembatan” antara perusahaan dan organisasi publik semakin nyata, sehingga bidang komunikasi dan hubungan masyarakat ini perlu diprioritaskan. Kenapa? Karena perannya penting dalam menciptakan citra positif perusahaan atau organisasi di mata publik.  Ok? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar