Recent Posts

Definisi Public Relations Menurut Para Ahli

26 Juli 2018

Agar tidak terjebak dengan kesalahpahaman (misconception) mengenai Public Relations (PR) atau dalam bahasa Indonesia populer dengan sebutan Hubungan Masyarakat (Humas),  perlu  digali sejumlah definisinya menurut para ahli sebagai berikut:

  1. Cutlip  and  Center  mendefinisikan  Public  Relations  sebagai  fungsi manajemen  yaitu  mengidentifikasi,  memantapkan  serta  membina hubungan  yang  saling  menguntungkan  antara  organisasi  dengan publiknya  baik dalam keadaan sukses maupun  gagal.
  2. Grunig  mengembangkan  definisi  tersebut  menjadi  manajemen komunikasi antara organisasi dan publiknya.
  3. Lawrence  W.Long  dan  Vincent  Hazelton  mengembangkan  sebuah definisi baru yang lebih modern dan memadai bahwa  Public Relations adalah fungsi komunikasi melalui  adaptasi organisasi, mengubah  atau membina  hubungan  dengan  lingkungan  dengan  tujuan  bersama-sama mencapai  tujuan  dari  organisasi.  Pendekatan  ini  menggambarkan bahwa  Public  Relations  adalah  lebih  dari  sekedar  mempersuasi melainkan  juga  membantu mengembangkan  kondisi  komunikasi terbuka,  saling  pengertian, saling  memahami  dengan  didasari  ide bahwa  organisasi  juga  mau  berubah  (dalam  proses  berperilaku  dan bersikap) tidak hanya bagi sasaran khalayak saja. 


Baca juga: Peran Public Relations Dalam Organisasi

Definisi tersebut hanyalah sebagian kecil dari definisi yang ada tentang PR. Mengacu pada definisi–  definisi di atas, memaknai terminologi "fungsi manajemen"  yang  ada  pada  Public  Relations,  memiliki  arti  yang  lebih dalam.
Arti  tersebut  memuat  jawaban  atas  pernyataan,  untuk  apa  fungsi manajemen  atau  manajemen  komunikasi  yang  dilakukan  oleh  Public Relations.  Jawaban  ini  jelas  bahwa  PR  berperan  sebagai "Pengelola Reputasi  Organisasi",  bukan Pemasar/Penjual  dan  bukan  hanya melakukan  aktivitas-aktivitas yang berhubungan  dengan media. Ok? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar