Recent Posts

Ajak Anak Liburan Mengenal Indahnya Stalaktit dan Stalakmit Goa Gong

6 Juli 2017

goa gong


Sebenarnya Goa Gong terlewati saat menuju pantai Klayar. Namun, atas masukan dari supir pribadinya Mbak Aniek, temen kuliah bundanya anak-anak, katanya lebih baik datangi dulu lokasi yang terjauh. Sepulang dari pantai, baru kita kunjungi Goa Gong. Okelah gimana baiknya aja..! :)

GOA GONG

Pacitan dikenal sebagai kota wisata 1001 goa. Kota ini tentu sangat cocok sebagai wisata edukasi mengenalkan anak-anak betapa indahnya stalaktit dan stalakmit dan bagaimana proses terbentuknya. 

Salah satu goa yang paling populer dan memegang predikat sebagai wisata goa terindah se-Asia Tenggara di Jawa Timur ini adalah Goa Gong. Menuju wisata alam ini, bila dari pusat kota Pacitan harus menempuh perjalanan selama sekitar 30 menit.

Baca juga: Wisata Pantai Klayar Yang Eksotis

Setengah jam kemudian terlihat penanda lokasi wisata “GOA GONG” di depan. Dengan menapaki anak tangga tak kurang dari 84 anak tangga, baru ketemu jalur datar dengan deretan kios di kanan kiri yang menjual beragam souvenir.

liburan sekolah

pintu masuk goa gong

Untuk tiket masuk ke Goa Gong pada hari libur (Sabtu/Minggu) siapkan dana sebesar Rp. 12.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Hari biasa lebih murah, baik dewasa maupun anak cukup Rp. 5.000 saja dengan jam buka setiap hari dari hari Senin s/d Minggu mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Tidak sabar rasanya ingin melihat isi goa yang diklaim sebagai goa terindah itu. 

Diperjalanan menuju mulut goa, ramai ibu-ibu menawarkan senter dengan biaya Rp 3000 – Rp 5000 dan bayarnya saat mengembalikan senter. Senter ini cukup bermanfaat untuk melewati anak tangga di dalam goa. 

Objek wisata goa ini bisa juga dinikmati oleh anak-anak karena telah dibuatkan tangga untuk bisa masuk ke dalam goa.

Baca juga: Tumbuhkan Minat Anak Pada Sains, Kunjungi Petualangan Dinosaurus

Perjalanan menyusuri goa yang berada di perut bumi gunung Gong-gongan ini sekitar satu jam dengan jarak tempuh sekitar 300 meter. 

Memang terbukti, betapa cantiknya goa yang pesonanya bersumber dari panorama indah stalaktit dan stalakmit yang membentuk batu marmer yang tembus cahaya, ada juga yang membentuk batu kristal. 

Menyusuri Goa Gong sebenarnya adalah perjalanan memutar, karena goa ini hanya memiliki satu akses pintu, untuk masuk dan keluar melewati pintu yang sama.

wisata edukasi

Saat berada di dalam goa, tukang foto yang merangkap sebagai tour guide akan memandu. Dengan membayar Rp 25.000/foto, kita bisa mendapat foto dicetak dengan background  stalaktit dan stalakmit yang sarat dengan warna warni  permainan lampu LED yang sangat indah.

Track di dalam Goa Gong sudah sangat nyaman, lantainya sudah cukup tertata rapi dengan anak tangga berupa plesteran dan pegangan tangga yang sudah terbuat dari stainless steel. Dibeberapa titik terdapat blower kipas angin besar yang membantu sirkulasi udara agar pengunjung tidak terlalu panas.  Pengunjung hanya tinggal mengikuti anak tangga yang sudah disediakan. 

Secara administratif, Goa Gong berada di dusun Pule, desa Bomo, Kecamatan Punung. Sekitar 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan. 

Objek wisata ini dikelilingi oleh pegunungan non-aktif, sebelah utara adalah gunung Manyar, sebelah selatan gunung Karang Pulut, sebelah timur Gunung Gede, dan sebelah barat adalah gunung Grugah. 

wisata goa

wisata pacitan

Goa Gong adalah sebagian kecil dari kuasa Illahi, manusia selayaknya tidak hanya menikmati, tentunya juga harus menjaga dan melestarikannya, agar anak cucu kita kelak juga dapat menikmatinya, sebagai wahana wisata edukasi alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar